Wamen PUPR Ajak Generasi Milenial Investasi Rumah | www.maspro.id
Share Via

Wamen PUPR Ajak Generasi Milenial Investasi Rumah

Wamen PUPR Ajak Generasi Milenial Investasi Rumah

Liputan6.com, Jakarta Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) John Wempi Wetipo menyatakan, rumah merupakan investasi penting bagi para generasi milennial di Indonesia.

Menurut dia, adanya rumah yang baik dan sehat diharapkan dapat meningkatkan aset bagi para milenial serta mendukung peningkatan perekonomian nasional.

"Rumah bagi generasi milenial sekarang itu sangat penting. Jadi berinvestasilah di perumahan mulai sekarang," imbuh Wempi dalam webinar Hari Perumahan Nasional (Hapernas), Kamis (27/8/2020).

Wempi memaparkan, berdasarkan data yang dirilis oleh Badan Pusat Statistik (BPS), pada 2019 jumlah generasi milenial dengan rentang usia 18-37 tahun mencapai angka 81 juta jiwa. Sementara pada 2020 ini diperkirakan jumlahnya mencapai 60 persen dari populasi penduduk di Indonesia.

Menurut dia, pandemi Covid-19 saat ini memang sangat mempengaruhi sektor kesehatan. Namun pada hakikatnya, ia melanjutkan, sektor-sektor lain juga ikut menanggung dampak dari kejadian ini, termasuk sektor perumahan.

Akibat dari menurunnya pelaksanaan pembangunan sektor perumahan, berkonstribusi terhadap menurunnya tingkat perekonomian Indonesia pada umumnya, untuk itu Pemerintah terus melakukan terobosan dan upaya percepatan pelaksanaan pembangunan di bidang perumahan.

"Hal ini mendorong pemerintah untuk meningkatkan pelaksanaan pembangunan di sektor perumahan, baik yang dibangun oleh pemerintah, maupun swasta," kata dia.

Lebih lanjut, Wempi menerangkan, rumah bagi para milenial bukan lagi sebagai tujuan akhir untuk melaksanakan kehidupan sehari-hari. Mobilitas mereka yang sangat tinggi menjadikan rumah hanya sebagai tempat transit sementara.

Oleh karena itu, kebutuhan rumah bagi milenial disebutnya membutuhkan karakteristik khusus. "Generasi milenial cenderung memiliki preferensi terhadap hunian idaman yang simpel, yakni dengan menyewa hunian yang berada di tengah kota atau dekat dengan simpul transportasi umum," tuturnya.

Sumber : https://www.liputan6.com/