4 Manfaat Kayu Hitam, dari Urusan Rumah Hingga Kesehatan | www.maspro.id
Share Via

4 Manfaat Kayu Hitam, dari Urusan Rumah Hingga Kesehatan

4 Manfaat Kayu Hitam, dari Urusan Rumah Hingga Kesehatan

Ragam Manfaat Kayu Hitam yang Harus Kamu Ketahui

Sudah pernah mendengar kayu hitam? Kayu hitam dikenal juga dengan nama kayu eboni karena berasal dari pohon eboni yang berada di Sulawesi. Kayu hitam adalah salah satu jenis kayu yang memiliki kualitas terbaik dengan harga yang tinggi.

Tak hanya itu, kayu hitam yang menjulang tinggi hingga mencapai 40 meter ini juga dikenal karena memiliki beberapa manfaat, mulai dari kesehatan hingga untuk urusan rumah tangga. Lalu, apa saja manfaat kayu hitam ini? Yuk, langsung saja simak pembahasan Kania di bawah ini!

Kayu Hitam untuk Furnitur Berkualitas

Selain menjadi bahan furnitur mahal, kayu hitam juga kerap digunakan sebagai bahan dasar kerajinan tangan, seperti patung, jam, ukiran, hiasan dinding, alat musik, kipas, dan sejenisnya. Salah satu yang paling populer dari kayu hitam khas Sulawesi ini adalah model miniatur perahu tradisional, yaitu Phinisi ala suku Bugis di Sulawesi. 

Pernak-pernik kerajinan tangan lainnya yang juga sering dibuat menggunakan kayu hitam antara lain gantungan kunci, bingkai foto, asbak, guci kayu, dan masih banyak lagi. Terkhusus, di Sulawesi Tengah memang pemasaran kayu hitam ini cukup terkonsentrasi di bidang souvenir.

Manfaat Kayu Hitam untuk Kesehatan

Menurut beberapa sumber studi, daun dari pohon eboni yang menjadi sumber kayu hitam mengandung senyawa flavonoid dan triterpenoid pentacyclic yang memiliki sifat antimikroba. Sementara itu, untuk bagian kulit kayu hitam juga membuktikan adanya aktivitas antihyperglycemic. Walaupun masih membutuhkan riset lanjutan yang lebih mendalam, khasiat antihyperglycemic pada kayu hitam dipercaya mampu mengurangi kadar glukosa dan gejala diabetes atau kencing manis.

Selain itu, beberapa riset juga menemukan adanya khasiat anti kanker pada ekstrak kayu hitam dengan zat anti karsinogen. Dengan adanya kandungan senyawa zat aktif seperti antioksidan pada kayu hitam, banyak aspek kesehatan yang bisa digali lebih dalam, termasuk menstabilkan tekanan darah, meningkatkan kinerja otak, hingga membantu mengatasi penyakit jantung.

Kayu Hitam sebagai Simbol Pelindung Tradisional

Kehadiran kayu hitam dari tanah Sulawesi menyisakan legenda menarik seputar tradisi dan kepercayaan kuno. Konon katanya, kayu hitam memiliki warna hitam yang gelap dan pekat karena ada kaitannya dengan pertempuran dari Kisah Ramayana. Saat itu, Hanuman membakar kota Lanka yang tangguh dan menghitamkan pohon Eboni.

Ada juga versi lain dari suku Muria yang erat kaitannya dengan kegaiban kayu hitam ini. Walaupun bisa jadi mitos, terutama untuk masyarakat di zaman modern ini, masih ada orang-orang yang percaya bahwa kayu hitam bisa jadi sejenis jimat yang melindungi mereka. Oleh karena itu, jangan heran jika ada beberapa orang menggunakan aksesoris yang terbuat dari kayu hitam sebagai perlindungan diri mereka.

Nah, sekarang kamu sudah tahu ‘kan apa saja manfaat kayu hitam, mulai dari urusan rumah tangga hingga kesehatan? Eksistensi kayu hitam kian tergerus sehingga mengancam keberlangsungan pengrajin kayu hitam di Sulawesi. Oleh karena itu, budidaya kayu hitam adalah salah satu cara untuk melestarikannya di alam Indonesia.

Sumber : dekoruma.com